PERISTIWA PENTING PADA MASA KHULAFAUR RASYIDIN

Muhammad Sulthan Agus Alkaribi


Peristiwa Penting Masa kekhalifahan

Abu Bakar Ash-Shidiq

2 Rabiul Awal 11 H Rasulullah SAW wafat. Rasulullah wafat tanpa meninggalkan surat wasiat untuk meneruskan kepemimpinan (kekhalifahan).

12 H Perang Riddah,. Perang melawan kemurtadan salah satu pengikut nabi yang yang kemudian mengaku sebagai Nabi yaitu Musailamah Al-Kazzab, diikuti riddah di negeri Sepanyol yang didalangi pendakyah Kristian ketika akhir zaman Andalus, dan kemudiannya gejala uang menimpa ummat Islam di India yang lemah dan goyah aqidahnya dengan menganut agama Hindu ketika kesultanan Moghul berkuasa (Latar belang terjadinya perang riddah karena adanya kemurtadan yang terjadi di umat islam, Umar terpaksa mengambil sikap keras karena kemurtadan harus diperangi).

13 H Perang Yarmuk, perang antara bangsa Arab dan Kekaisaran Romawi Timur, merupakan gelombang besar pertama penaklukan Islam diluar Arab. Perang Yarmuk ini terjadi di lembah Yarmuk, sebuah anak sungai di sebelah timur Yordania. (Perang Yarmuk bermula saat nabi mengirim surat kepada pemimpin romawi, namun pemimpin Romawi tersebut menolak nya, hal itu yang membuat abu bakar setelah wafat nya nabi ingin meneruskan perjuangan nabi, abu bakar melakukan hal yang sama seperti nabi, meminta pemimpin tersebut masuk islam, namun di tolak, akhirnya abu bakar mengutus Khalid bin Walid untuk menaklukan syam, diwilayah Yarmuk para sahabat meminta bantuan kepada abu bakar untuk mengirim pasukan, akhirnya abu bakar mengutus Khalid untuk menaklukan Yarmuk).

13 H Abu Bakar wafat (jumadil akhir), beliau wafat setelah kurang lebih 15 hari terbaring di tempat tidur, ia berusia 63 tahun, kekhalifahannya berlangsung selama 2 tahun 5 bulan 11 hari, karena sakit Abu bakar mewasiatkan agar Umar menggantikannya.

Umar bin Khattab

14 H Penaklukan Damaskus. Setelah kemenangan mutlak dari perang Yarmuk, lantas panglima Islam Khalid Bin Walid digantikan posisinya oleh Abu Ubaidah Bin Jarrah. Umar Bin Khattab khawatir umat Islam akan terlalu menyanjung Khalid Bin Walid. Pasukan Islam berhasil menjepit pasukan Romawi dan menggiring mereka menuju parit yang berisikan air dan lumpur yang dibuat oleh Romawi sendiri. Setelah itu mereka bersiap menuju Damaskus untuk menjebol tembok benteng Ibu Kota Syam.

15 H Perang Qadisiyah. Pasukan Persia diperkuat oleh seekor singa yang dilatih untuk berperang. Dari pasukan kaum muslimin muncul Hasyim bin Utbah bin Abi Waqqash  Keponakan dari Sa'ad bin Abi Waqqash, Jenderal Penakluk Persia. Melesat ke arah singa. Lantas lompat menerjang lawannya tak ubahnya singa menerkam mangsanya. Dia menikamnya beberapa kali tikaman, hingga akhirnya berhasil membunuh singa Persia. Menyaksikan peristiwa tersebut, ketakutan menyelimuti hati pasukan Persia. Pasukan kaum muslimin pun segera meluluhlantakkan mereka seluruhnya, Kemudian Sa'ad bin Abi Waqqash Radhiyallahu Anhu pergi menghampiri sang pahlawan tadi, lalu mencium kepalanya sebagai tanda penghormatan. Dengan sikap rendah hati yang dimiliki seorang ksatria, dia merespon dengan membaktikan diri bersimpuh di kaki Sa'ad, seraya berkata, "Tidak semestinya laki-laki sepertimu mencium kepalaku."

20 H Penaklukan Mesir Setelah memukul mundur panglima Arthabun dan pasukannya dari Palestina dan membebaskan Baitul Maqdis dari Romawi, Arthabun dan pasukannya melarikan diri ke Mesir dan berlindung disana. Amr lalu menemui Khalifah Umar bin Khattab dan meminta izin agar ia menaklukan Mesir dari cengkraman Romawi. Amr khawatir di negri yang subur dan sangat kaya tersebut Arthabun dan pasukannya mempunyai kesempatan untuk memperkuat diri. Dan menyerang Islam, Amr membagi pasukan dalam tiga bagian. Satu kelompok bersembunyi di Gunung Jabal Ahmar dan satu kelompok lagi bersembunyi di Nil dekat Ummu Dainin. Sedangkan Amr bergabung dengan kelompok ketiga menghdapi musuh.Pada saat perang berkecamuk antara kedua belah pihak, pasukan pertama
yang bersembunyi di gunung Jabal Ahmar keluar dan menyerbu pasukan Romawi, memporakporandakan barisan pertahanan mereka hingga mereka terpukul mundur
sampai ke Ummu Danin. Di saat itu juga muncul kelompok pasukan Muslimin lain
yang bersembunyi dekat Ummu Danin dan menyambut mereka, sehingga pasukan
Romawi berada diantara tiga kelompok pasukan Islam. Akhirnya mereka kalah dan
tercerai berai hingga sebagian dari mereka melarikan diri dan bertahan di balik
benteng Babilonia yang kokoh.(selain karena takut bangsa Romawi semakin kuat, Amr juga berargumen rakyat asli Mesir mendapat perlakuan yang tidak baik, sehingga terjadi konflik internal antara Romawi dan bangsa asli, dalam Al-Qur’an juga disebutkan bahwa umat muslim dan Mesir memiliki ikatan perkawinan dari Siti hajar, sehingga mereka masih saudara).

21 H Perang Nahawand, pertempuran pada tahun 642 antara pasukan Arab Muslim melawan pasukan Kekaisaran Sasania. Pertempuran berakhir dengan kemenangan mutlak bagi pihak Muslim, dan akibatnya pihak Persia kehilangan kota-kota di sekitar wilayah tersebut, termasuk kota penting Sephahan (kini Isfahan).

23 H Penaklukan khurasan, Pada 642 Kekaisaran Sassanid hampir hancur dan hampir semua bagian Persia ditaklukkan, kecuali bagian dari Khorasan , yang masih dipegang oleh Sassanid. Khorasan adalah provinsi terbesar kedua di Kekaisaran Sassanid . Itu membentang dari apa yang sekarang timur laut Iran , Afghanistan dan Turkmenistan. Ibukotanya adalah Balkh , di Afghanistan utara saat ini. Pada 651 setelah Yazdegerd III dibunuh oleh Mahuy Suri , marzban atau administrator Marw Tabaristan kemudian diserang oleh Arab Muslim.

1 Muharam 23 H Umar wafat. Seorang budak bangsa Persia bernama Fairus atau Abu Luluah secara tiba-tiba menikam khalifah yang akan mendirikan shalat subuh. Khalifah terluka parah, dari pembaringannya ia mengangkat Syura (komisi pemilih) yang akan memilih penerus kekhalifahannya. Khalifah Umar wafat 3 hari setelah penikaman atas dirinya, Khalifah Umar memerintah selama 10 tahun lebih 6 bulan 4 hari.

Utsman bin Affan

28 H Penaklukan Cyprus perang antara Kesultanan Utsmaniyah dan Republik Venesia yang berlangsung dari tahun 1570 sampai tahun 1573. Republik Venesia kelak dibantu Liga Suci, koalisi negara-negara Kristen yang terbentuk atas prakarsa Paus Pius V. Peristiwa terpenting sepanjang masa pemerintahan Sultan Selim II ini dipicu oleh invasi Utsmaniyah atas Siprus, jajahan Republik Venesia. Ibu kota Siprus, Nikosia, dan sejumlah kota lain di pulau itu direbut dalam waktu singkat oleh bala tentara Utsmaniyah yang jauh lebih kuat. 31 H Perang Dzatu Sawari Di Mesir pasukan muslim diinstrusikan untuk memasuki Afrika Utara. Salah satu pertempuran penting disini ialah “Zatis Sawari”(Peperangan Tiang Kapal) yang terjadi dilaut tengah dekat kota Iskandariyah, antara tentar Romawi dibawah pimpinan Kaisar Constantin dengan Laskar Muslim pimpinan Abdullah bin Abi Sarah. Dinamakan perang kapal karena banyaknya kapal-kapal perang yang digunakan dalam peperangan tersebut.

35 H Utsman Wafat, Sekelompok orang mengepung rumah khalifah, dan membunuhnya ketika Khalifah Utsman sedang membaca Alquran, pada tahun 35 H/17 juni 656 M.

Ali bin Abi Thalib

36 H Perang Jamal perang yang terjadi di Basra, Irak pada tahun 656 masehi, antara pasukan yg berpihak pada Ali bin Abi Talib (Sepupu dan menantu dari nabi Muhammad ) dan pasukan yang berpihak kepada Aisyah, yang menginginkan keadilan atas terbunuhnya khalifah terdahulu yaitu Utsman bin Affan.

37 H Perang Siffin dan Tahkim terjadi semasa zaman fitnah besar atau perang saudara pertama orang Islam dengan pertempuran utama terjadi dari tanggal 26-28 Juli. Pertempuran ini terjadi di antara dua kubu yaitu, Muawiyah bin Abu Sufyan dan Ali bin Abi Talib di tebing Sungai Furat yang kini terletak di Syria (Syam) pada 1 Shafar tahun 37 Hijriah.

40 H Ali bin Abi Thalib Wafat, Tepat pada 17 Ramadhan 40 H (661), khalifah Ali terbunuh pembunuhnya adalah Ibnu Muljam, seorang anggota Khawarij yang sangat fanatik. Pada tanggal 10 Ramadhan 40 H (660 M) masa pemerintahan Ali berakhir.

Komentar

  1. Terimakasih sudah membaca artikel saya, semoga kita semua selalu diberi kesehatan, apabila ada kesalahan dalam artikel mohon tulis di kolom komentar.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hero Baru ML 2020, Chong Black Dragon Fighter 4 Skill!!!

Tanggal rilis hero Popol & Kupa di Original Server Mobile Legend 2020

Makalah Strategi Perusahaan Makanan Instan Bakso Aci