Cara Membuat Lagu Rap

Melihat perkembangan musik Pop masa kini, memang banyak lagu Pop yang ada bagian rap di dalam lagunya. Contohnya, lagu hits # 1 Billboard “Telepon umum” oleh Maroon 5 memiliki bagian rap yang diucap oleh Wiz Khalifa.
Membuat lagu yang ada bagian rapnya adalah langkah yang baik agar lagu-lagu Anda tidak dapat diputar. Jika Anda sudah membuat lagu yang nuansanya mirip-mirip, buat satu lagu yang ada rapnya akan menjadi suatu keunikan khusus.
Namun, jika Anda jarang membuat lagu rap maka muncul kesulitan:
“ Bagaimana saya bisa menulis lirik lagu rap yang bagus?”
Sejujurnya, saya sendiri baru pernah menulis lirik lagu rap. Itupun gaya rap yang saya pilih sangat bernuansa tahun 90-an ala Boyz II Men dan kawan-kawan. Sementara dalam musik rap ada banyak gaya, dari yang seperti Eminem, 50 Cent, Snoop Dogg, Flo Rida, dan banyak lainnya.
Jadi, untuk menjawab pertanyaan ini saya mengambil referensi dari artikel “Cara Membuat Lagu Rap"
 oleh Silk Nixin. Artikel ini ditulis oleh seorang rapper, jadi ilmunya lebih luas.
Ada 6 tips untuk menulis lirik lagu rap yang disarankan oleh Silk Nixin. Berikut adalah ke-6 tips tersebut.

1. Gunakan wordplay atau permainan kata

Lirik memainkan salah satu teknik menulis lirik lagu yang canggih. Yang disukai dengan permainan kata adalah permainan kata. Permainan kata ini bisa berarti kata yang Anda tulis sebagai lirik memiliki arti ganda atau kata lafal ini punya iramanya sendiri.
Hanya sedikit penulis lagu yang bisa menggunakan permainan kata dan menghasilkan lagu yang menarik. Dalam dunia musik Pop, artis yang sering menggunakan permainan kata dalam lagunya adalah Jason Mraz . Coba Anda dengar lagu-lagu oleh artis ini, dan Anda akan mendengar lirik-lirik yang tidak lazim tetapi sangat kreatif.
Begitu perdebatan dengan lirik lagu rap. Karena lirik lagu rap biasanya sangat padat, bahkan Anda harus benar-benar kreatif dengan permainan kata Anda . Anda harus mengisi ruang yang ada dengan lirik yang padat, tapi lirik-lirik itu tidak boleh “kosong” maknanya.
Caranya agar Anda menguasai permainan kata ini dengan sering melatihnya dan mendengarkan lagu rap lainnya. Seperti Eminem di awal karirnya, dia sering membawakan buku tulis saat menaiki bis dibantu bisa menulis lirik sambil bepergian dalam bis kota.

2. Buatlah lirik-lirik yang visual

Tutorial-tutorial sebelumnya sudah membahas cara menulis lirik lagu yang visual . Lirik yang visual membantu agar pendengaran Anda terbawa suasana. Dalam lagu rap, lirik yang visual penting agar lirik Anda tidak cepat bermasalah.
Karena sifat lirik lagu rap yang padat dan cepat, lirik yang visual bisa menjadi break atau pemutus lirik-lirik yang emosional. Anda dapat menggunakan lirik visual untuk bagian rap, lalu menggunakan lirik emosional pada bagian Hook.

3. Masukkan majas metafora dalam lirik Anda

Apakah Anda masih ingat dengan pelajaran Bahasa Indonesia? Menurut Wikipedia, majas metafora adalah "majas yang diungkapkan dengan persetujuan langsung berupa analogis."
Anda bisa menggunakan analogi dengan hal lain untuk membuat lirik rap Anda lebih berwarna. Biasanya, kalimat yang mengandung majas metafora adalah kalimat yang memiliki kata sambung "seperti".
Contohnya:
Ini sangat gila, karena ketika itu baik, itu akan baikaku Superman dengan angin di punggungnya
“Love the Way You Lie”
© A. Grant, H. Hafferman, Marshall Mathers
Dalam contoh di atas, penyanyi rap yang mengibaratkan dirinya adalah Superman yang melesat di antara angin kencang. Anda juga bisa menggunakan analogi dalam bentuk majas metafora agar lirik lagu rap Anda lebih kena ke orang-orang.

4. Gunakan teknik rima yang silih berganti

Ada beberapa cara rima yang bisa Anda pakai dalam lagu Anda:
  1. Lirik dengan rima yang sama. Rima yang sama adalah yang berima aa, seperti kucing dan runcing; perawat dan pesawat; dan sebagainya.
  2. Lirik dengan rima yang mirip. Rima yang mirip yang berima tidak sama, seperti perahu dan lugu; pelari dan matahari; dan sebagainya.
Ada seorang kawan saya yang hobi membuat puisi. Cara dia menulis puisinya adalah dia selalu mencari rima yang sama. Akhirnya puisi yang ditulisnya terkesan kaku, diterjemahkan, dan kekanak-kanakan (walau puisinya mengandung makna yang bagus).
Seperti puisi, lagu rap yang bagus menggunakan rima di atas. Namun, yang harus Anda gunakan adalah yang menggunakan rima yang sama dan rima yang mirip.
Kira, kira-kira, Anda menggunakan campuran antara - jangan terlalu sering menggunakan rima yang sama, sesekali gunakanlah rima yang mirip.

5. Buat punch line yang memukau

Bagian punch line adalah bagian lirik yang paling mudah dibaca para pendengar. Anda juga pasti punya lirik lagu favorit dari sebuah lagu. Nah, lirik favorit inilah yang dalam lagu rap disebut punch line.
Sama seperti film yang bagus memilki adegan klimaksnya, Anda bisa mengibaratkan punch line sebagai klimaks dari lagu Anda. Di punch line ini, Anda bisa memasukkan pesan lagu Anda dengan cara yang seunik dan sekeren mungkin. Semakin unik dan keren cara Anda menyampaikannya, semakin lirik akan dikembalikan oleh para pendengar Anda.
Agar Anda bisa menulis kalimat yang keren, sering-seringlah mendengar lagu lain dan mencari lirik-lirik favorit Anda dari lagu itu. Tanyakan Mengapa kamu suka lirik itu, dan apa maknanya bagi kamu?

6. Pastikan konten lirik Anda pas dengan musiknya

Nah, ini juga salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan pencipta lagu, yaitu membuat lirik lagu yang ngga nyambung sama musiknya!
Anda juga pasti pernah mendengar lagu yang, “Ini musiknya upbeat tapi kok liriknya mellow?”.
Sebenarnya tidak salah juga, tapi biasanya pendengar Anda akan senang mendengar lirik yang asyik kalau musiknya terdengar upbeat. Dalam lagu rap, ini juga penting agar konten lirik Anda sesuai dengan nuansa yang dimainkan musiknya.
Misalkan Anda mendapat musik yang bernada minor dengan instrumen elektronik yang berat, berarti Anda bisa membuat lirik yang dalam dan murung. Memilih, jika musiknya ringan dan seksi, Anda juga bisa membuat lirik yang disampaikan yang sama.
Yang paling penting adalah: lirik lagu rap yang sesuai dengan identitasnya!
Dengan menggunakan ke-6 tips di atas, Anda bisa membuat lirik lagu rap agar lagu Anda lebih unik. Sekarang, tantangannya adalah menemukan seorang rapper yang bagus ngerapnya!


Reference : https://mahirmenulislagu.com/lirik-lagu-rap/

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hero Baru ML 2020, Chong Black Dragon Fighter 4 Skill!!!

Tanggal rilis hero Popol & Kupa di Original Server Mobile Legend 2020

Makalah Strategi Perusahaan Makanan Instan Bakso Aci