Makalah Strategi Perusahaan Makanan Instan Bakso Aci

MAKALAH :

STRATEGI PERUSAHAAN PRODUK MAKANAN INSTAN BAKSO ACI

Diajukan Untuk memenuhi Ujian Tengah Semester Manajemen Strategi

 

Dosen Pengampu :

Mila Badriyah, S.E, M.M.


Oleh :

Muhammad Sulthan Agus Alkaribi

NIM :  1199230119

  

PROGRAM PASCA SARJANA

JURUSAN MANAJEMEN KEUANGAN SYARI’AH

UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

2021


 

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kepada Illahi Rabbi, atas rahmat, lindungan dan hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan Ujian Tengah Semester dalam bentuk makalah yang berjudul “PRODUK MAKANAN INSTAN BAKSO ACI” ini. Tidak lupa shalawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Nabi Muhammd SAW.

Alhamdulillah setelah beberapa kali persiapan UTS yang dihadapi, akhirnya saya dapat menyelesaikan Ujian Tengah Semester ini tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas Ibu Mila Badriyah S.E, M.M. pada mata kuliah Manajemen Strategi di Jurusan Manajemen Keuangan Syari’ah ini. Selain itu, makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang Strategi Bisnis bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dosen Mila Badriyah S.E, M.M., selaku Dosen mata kuliah Manajemen Strategi yang telah memberikan Ujian Tengah Semester ini sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sesuai dengan bidang studi yang saya tekuni.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini.

Saya menyadari, makalah yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini.


[Garut, 23 April 2021]

 

 

DAFTAR ISI

Halaman

 

KATA PENGANTAR.. i

DAFTAR ISI. ii

BAB I. 1

PENDAHULUAN.. 1

A. Latar Belakang. 1

B. Rumusan Masalah. 3

C. Tujuan Penulisan. 3

BAB II. 4

PEMBAHASAN.. 4

A.    Strategi Perusahaan. 4

B.    Produk Makanan Instan Baso Aci 5

C.    Strategi Perusahaan Produk Makanan Instan Baso Aci 6

BAB III. 10

PENUTUP. 10

Kesimpulan. 10

DAFTAR PUSTAKA.. 11

 

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

                    Istilah strategi berasal dari kata Yunani strategeia (stratos = militer; dan ag = memimpin), yang artinya seni atau ilmu untuk menjadi seorang jenderal. Konsep ini relevan dengan situasi pada zaman dulu yang sering diwarnai perang, di mana jenderal dibutuhkan untuk memimpin suatu angkatan perang agar dapat selalu memenangkan perang. Strategi juga bisa diartikan sebagai suatu rencana untuk pembagian dan penggunaan kekuatan militer dan material pada daerah-daerah tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. Strategi militer didasarkan atas pemahaman akan kekuatan dan penempatan posisi lawan, karakteristik fisik medan perang, kekuatan dan karakter sumber daya yang tersedia, sikap orang-orang yang menempati teritorial tertentu, serta antisipasi terhadap setiap perubahan yang mungkin terjadi.

 Konsep strategi militer seringkali diadaptasi dan diterapkan dalam dunia bisnis, misalnya konsep Sun Tzu, Hannibal, dan Carl von Clausewitz. Dalam konteks bisnis, strategi menggambarkan arah bisnis yang mengikuti lingkungan yang dipilih dan merupakan pedoman untuk mengalokasikan sumber daya dan usaha suatu organisasi. Setiap organisasi membutuhkan strategi manakala menghadapi situasi berikut (Jain, 1990):

1.      sumber daya yang dimiliki terbatas;

2.      ada ketidakpastian mengenai kekuatan bersaing organisasi;

3.      komitmen terhadap sumber daya tidak dapat diubah lagi;

4.      keputusan-keputusan harus dikoordinasikan antar bagian sepanjang waktu;

5.      ada ketidakpastian mengenai pengendalian inisiatif.

Menurut Stoner, Freeman, dan Gilbert Jr. (1995), konsep strategi dapat didefinisikan berdasarkan dua perspektif yang berbeda, yaitu (1) dari perspektif apa yang suatu organisasi ingin lakukan (intends to do), dan (2) dari perspektif apa yang organisasi akhirnya lakukan (eventually does).

Berdasarkan perspektif yang pertama, strategi dapat didefinisikan sebagai program untuk menentukan dan mencapai tujuan organisasi dan mengimplementasikan misinya. Makna yang terkandung dari strategi ini adalah bahwa para manajer memainkan peran yang aktif, sadar dan rasional dalam merumuskan strategi organisasi. Dalam lingkungan yang turbulen dan selalu mengalami perubahan, pandangan ini lebih banyak diterapkan.

Sedangkan berdasarkan perspektif kedua, strategi didefinisikan sebagai pola tanggapan atau respon organisasi terhadap lingkungannya sepanjang waktu. Pada definisi ini, setiap organisasi pasti memiliki strategi, meskipun strategi tersebut tidak pernah dirumuskan secara eksplisit. Pandangan ini diterapkan bagi para manajer yang bersifat reaktif, yaitu hanya menanggapi dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan secara pasif manakala dibutuhkan.

Pernyataan strategi secara eksplisit merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis. Strategi merupakan kesatuan arah semua anggota organisasi. Bila konsep strategi tidak jelas, maka keputusan yang diambil akan bersifat subyektif atau berdasarkan intuisi belaka dan mengabaikan keputusan yang lain.

Sebagai contoh real pada masa ini, seluruh dunia sedang menghadapi masa pandemic akibat dari virus Covid-19, virus ini pertama kali muncul di Wuhan China, virus corona merupakan virus yang dapat menular hanya dengan sentuhan secara langsung, lewat air liur, dan bahkan asap rokok sekalipun,  oleh karena itu virus ini sangat berbahaya karena dapat menyebar sangat cepat,  orang yang terjangkit virus ini akan mengalami kesulitan bernafas, sakit tenggorokan dan nyeri dada, yang mana apabila orang tersebut terlambat di tangani akan meningkatkan potensi kematian pada penderita, maka semakin banyak orang yang terjangkit maka semakin tinggi potensi kematian pasien covid-19, maka dari itu untuk mencegah penul sehingga pemerintah diseluruh dunia menerapkan lockdown di negaranya masing-masing untuk menekan persebaran virus corona.

Akibat dari lockdown tersebut masyarakat menjadi tidak bebas untuk membeli segala sesuatu, karena akses untuk berbelanja dibatasi oleh pemerintah agar tidak banyak orang yang berkerumun, hal tersebut berdampak besar kepada perekonomian di seluruh negara, akibat dari kurangnya aktivitas masyarakat di luar berdampak kepada kurangnya daya beli masyarakat, banyak dari perusahaan besar yang melakukan PHK kepada pegawainya karena perusahaan tersebut seperti toserba sepi pengunjung.

Hal tersebut tentu merupakan masalah besar bagi negara, tidak berjalannya perusahaan-perusaaan besar mengakibatkan banyaknya pengangguran, dan banyak nya pengangguran berdampak terhadap kurangnya daya beli masyarakat, dan kurangnya daya beli masyarakat mengakibatkan perusahaan tidak bisa meggaji karyawan dan melemahnya produktifitas, melemahnya perusahaan berdampak melemahnya kemampuan perusahaan membayar pajak, sehingga dengan melemahnya pendapatan dari pajak maka perekonomian negara tersebut menjadi stagnan , untuk mencegah hal tersebut pemerintah berupaya meningkatkan perekonomian dengan cara memberi BLT ( Bantuan Langsung Tunai) kepada masyarakat, pemerintah berharap dengan di berinya BLT akan meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga roda perputaran ekonomi akan terus berputar.

Rencana dari pemerintah tersebut harus didukung oleh masyarakat dengan membuka peluang usaha, sehingga karyawan yang di PHK dan menjadi pengangguran dapat bekerja Kembali dan tidak bergantung dari uang bantuan pemerintah, untuk itu diperlukan strategi perusahaan yang baik untuk mengahadapi permasalahan ekonomi dari dampak covid-19 ini.

 

 Lebih lanjut dalam makalah ini, kami akan membahas mengenai strategi produk untuk lebih memahami mengenai produk dan strategi perusahaan produk makanan yang digunakan untuk memasarkan produk.


B. Rumusan Masalah

                  Dari latar belakang masalah tersebut untuk lebih memperjelas permasalahan yang dibahas maka dirumuskan beberapa masalah dalam pertanyaan berikut :

1.       Apa itu strategi perusahaan?

2.       Apa itu produk makanan instan bakso aci?

3.       Bagaimana strategi perusahaan produk makanan instan bakso aci?

C. Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini untuk :

1.       Untuk mengetahui pengertian strategi perusahaan.

2.       Untuk mengetahui produk makanan instan bakso aci.

3.       Untuk mengetahui strategi perusahaan produk makanan bakso aci instan.


BAB II

PEMBAHASAN

A.    Strategi Perusahaan

Strategi adalah suatu proses yang dilakukan dengan memiliki fokus pada tujuan jangka panjang disertai susunan rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Strategi bisa juga diartikan suatu program yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan.

Dari kedua penjelasan tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa strategi adalah cara untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan pengertian perusahaan menurut Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1982 adalah suatu badan usaha di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdiri dan berjalan dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan.

Pengertian lain tentang perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi barang atau jasa. Perusahaan bisa disebut juga sebagai suatu lembaga atau organisasi yang berdiri pada suatu wilayah dengan menyediakan suatu barang atau jasa untuk dijual kepada konsumen dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan.

   Jika digabungkan, pengertian dari strategi perusahaan adalah suatu langkah yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendukung aktivitas produksinya sehingga menghasilkan keuntungan.

1.       Pentingnya Strategi Bisnis

 Seperti yang sudah disinggung diawal, mencapai tujuan bisnis tanpa strategi hanyalah angan-angan saja. Untuk itu suatu perusahaan perlu memiliki strategi bisnis yang baik guna menghadapi persaingan antar kompetitor bisnis. Berikut Kami sampaikan ada lima alasan mengapa perusahaan memerlukan strategi bisnis:

a.       Tahap Perencanaan

 Dalam mencapai tujuan, pastinya sudah memiliki rencana-rencana untuk bisa sampai pada tujuan bisnis. Seorang starup perlu menyusun perencanaan secara matang sebelum melangkah pada tahap selanjutnya.

b.       Identifikasi Kekuatan & kelemahan

Harus mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki saat melawan kompetitor bisnis. Dengan begini seorang starup bisa memaksimalkan kekuatan yang dimiliki dan juga memperbaiki kelemahan yang ada.

c.       Efisiensi & efektivitas

 Ketika semua sudah berjalan sesuai dengan perencanaan dan semua sudah mengetahui kelebihan dan kekurangannya masing-masing, maka kegiatan bisnis yang dilakukan bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

d.       Keunggulan kompetitif

 Fokus utama dari strategi bisnis adalah dengan memanfaatkan kekuatan bisnis yang dimiliki sehingga barang atau jasa memiliki nilai yang berbeda daripada produk lain di mata konsumen. Tampilkan keunggulan dari produk yang dimiliki sehingga membuat konsumen bisa beralih dari kompetitor bisnis Anda.

e.       Kontrol

 Dengan memiliki strategi bisnis yang tersusun dengan rapi membuat Anda lebih mudah dalam mengontrol kegiatan bisnis, apakah semuanya berjalan sesuai rencana ataukah ada permasalahan.

2.       Macam-Macam Strategi Perusahaan

 Ada berbagai macam strategi yang bisa dilakukan oleh perusahaan, salah satunya yang digunakan dalam makalah ini adalah strategi diferensiasi produk, yaitu alternatif lain ketika memiliki nilai lebih dibandingkan dengan kompetitor. Sebagai contoh perusahaan Apple tetap percaya diri dengan sistem operasinya iOS buatan sendiri dibandingkan dengan Android yang memiliki basis pengguna yang besar.

B.     Produk Makanan Instan Baso Aci

 Bakso aci adalah salah satu jajanan terkenal yang berasal dari Garut. Teksturnya kenyal karena terbuat dari tepung sagu. Biasanya menggunakan topping ceker ayam, tahu, dan pilus rasa kencur. Untuk penggemar sajian kuah asam pedas, biasanya berdagang dengan gerobak dorong atau membuka kedai di pinggir jalan,

Bila disekolahan biasanya para siswa membeli dengan dibungkus plastik, namun jika membeli dari tukang bakso aci yang melewat atau langsung dari warung penjual bakso aci, diwilayah tertentu biasanya tukang bakso aci menjual bersamaan dengan mie ayam sebagai opsional.

Namun berkat kemajuan teknologi, social media dan E-Commerce bakso aci tidak hanya dijual secara lokal saja, tapi bisa juga dinikmati secara global, sehingga orang yang ingin membeli tidak perlu repot-repot mencari atau menunggu tukang bakso aci melewat, bakso aci sudah tersedia dimana-mana dan bisa dinikmati kapan saja.

Dengan inovasi dan kekreativan pemilik usaha Bacci yang awalnya hanya bermula dari obrolan biasa, namun sekarang produknya sangat diminati orang-orang, apalagi saat pandemic covid, bahkan pembelian di E-Commerce sudah mencapai lebih dari 10rb pembeli,

Dalam situasi pandemic membuat kita was-was untuk keluar rumah, tapi jangan sedih karena tetap bisa ngemil baso aci. Kita  bisa membuat sendiri di rumah, hanya perlu mengolahnya sebentar dan bakso aci pun siap untuk disantap

Beberapa rincian dari salah satu produk bakso aci instan yang paling terkenal adalah Bacci, dengan rincian seperti berikut.

Nama Item

:

 Bacci Rasa Original

Berat

:

 200 Gr

Komposisi

:

 Tepung Tapioka, Terigu, Garam, Penyedap Rasa, Merica, Daun Bawang, Bawang Putih

Izin POM

:

 P-IRT No. 5063205011227 – 24

Produsen

:

 CV. Qaisa Berkah Utama Garut Jawa Barat

Kadaluarsa

:

 30 Hari

Harga

:

 Rp. 21.900


C.   
Strategi Perusahaan Produk Makanan Instan Baso Aci

1.       Proses perencanaan strategi produk :

a.       Analisis Produk

Dalam lingkungan internal : Secara struktur memiliki struktur organisasi yang sederhana karena masih merupakan bisnis yang baru berdiri, setiap anggota ada yang bertugas sebagai manager, ada karyawan yang bertugas untuk membuat bahan baku, pengemasan, packing, dan ada yang bertugas dalam bidang logistic, service pelamggan dilakukan oleh admin perusahaan yang merangkap sebagai pemasar produk.

Dalam Lingkungan Eksternal : secara demografi penjualan produk ini memiliki fleksibilitas yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan konsumen dari wilayah manapun, bisa diperjual belikan secara offline dengan warung, dan bisa juga diperjual belikan lewat online agar pemasaran terjadi secara global, untuk memenuhi permintaan konsumen secara global, maka produk di produksi secara pabrikan untuk skala besar, melihat dari peluang usaha saat pandemi, usaha ini sangat cocok dijalankan saat pandemi, dimana saat semua negara sedang melakukan lockdown, produk ini tetap bertahan, dan tidak berpengaruh dengan pandemi karena tidak menyebabkan kerumunan orang.banyak dari pembeli yang ingin mencoba memasak sendiri bakso aci dirumah untuk sekedar belajar memasak,

Produk ini juga memanfaatkan peluang dari teknologi dalam proses pengemasan sehingga produk terkemas dengan baik dan memiliki kualitas yang baik,dalam pemasaran ini merupakan produk yang share able, dengan design yang menarik, dapat dibawa kemana saja, dan dapat bertahan lama karena sudah melalui proses pengeringan.

b.       Penentuan Tujuan Produk

Tujuan diciptakannya inovasi produk makanan bakso aci instan ini adalah, untuk memudahkan proses pembelian pelanggan, agar produk bisa dibeli dimana saja dan kapan saja, dan juga hal ini dapat membantu pemerintah untuk menyediakan produk makanan yang tidak menyebabkan kerumunan masyarakat, dengan strategi perusahaan yang bersifat global, maka hal ini diharapkan dapat membantu peluang pekerjaan kepada masyarakat sekitar, sehingga ekonomi dari wilayah tersebut dapat maju dan berkembang, selain itu dengan taat membayar pajak kepada pemerintah diharapkan dapat membantu perekonomian negara yang sedang melemah.

c.       Penentuan Sasaran Pasar/Produk

Pasar sasaran dari produk ini adalah seorang pecinta kuliner kbususnya bakso aci, dengan dibuatnya menjadi produk instan diharapkan mampu memudahkan pecinta kuliner untuk menikmatinya dengan nyaman, selain itu sasaran pasar dari produk ini adalah masyarakat khususnya ibu- ibu yang melakukan lockdown di rumah, diharapkan masyarakat senang dengan produk ini karena dapat dibeli tanpa harus keluar rumah.

d.       Penetapan Strategi Produk

Strategi produk yang digunakan adalah strategi difesensiasi yaitu membuat inovasi dari dari produk yang sudah ada lalu membuat produk tersebut memjadi berbeda dengan produk sebelumnya dengan dengan memperhatikan kelamahan dan kekuatan dari produk sebelumnya.

e.       Evaluasi Pelaksanaan Strategi

Strategi yang telah disusun memberikan hasil yang memuaskan, hanya ada satu hal yaitu berkaitan dengan packaging yang terlalu mahal sehingga produk jadi tidak dapat dibleli oleh semua kalangan masyarakat , kedepannya packaging akan lebih di press lagi sehingga memiliki tampilan dan kegunaaan yang berkualitas tapi dengan harga yang lebih murah.

2.       Strategi yang digunakan adalah strategi diferensiasi, Djaslim Saladin (2004: 94) menyatakan, “Diferensiasi adalah tindakan merancang serangkaian perbedaan yang bernilai dengan tujuan untuk membedakan penawaran perusahaan tersebut dari penawaran perusahaan pesaing”. Philip Kotler dan Kevin Lane Keller menyatakan bahwa diferensiasi produk terdiri dari:

1. Bentuk

Banyak produk dapat didiferensiasikan berdasarkan bentuk-ukuran, model, atau struktur fisik produk. Dalam kasus makanan bakso aci instan ini merupakan inovasi dari bakso aci yang awalnya menggunakan pengemasan dengan mangkuk atau plastik dan bisa dinikmati disekitar penjual, atau di bawa pulang kerumah jika menggunakan plastik (produk memiliki skala penjualan lokal).

Berbeda dengan pengemasan produk bakso aci instan, pembeli tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mencari bakso  aci keluar rumah, menunggu antrian karena hanya penjual yang menyajikan makanan, dan juga pengemasan bakso aci menjadi instan ini menjadikan produk menjadi memiliki sifat yang fleksibel, yaitu bisa dibeli dimana saja, kapan saja, dan dalam kuantitas berapa saja.

Karena produk diubah dari yang awalnya produk basah, menjadi makanan kering yang dapat dibawa kemana saja, sehingga memudahkan mobilitas penjualan produk, dengan strategi pemasaran yang mengubah dari yang awalnya penjualan lokal menjadi global, hal itu sangat menguntungkan baik bagi pihak penjual maupun pembeli.

Karena seperti yang dikatakan Ray Kroc (pemilik kedua Mc Donald)  kepada Dick dan Mac, aku adalah global sedangkan kalian hanyalah lokal (menandakan bahwa penjulan lokal sangat bisa dikalahkan oleh penjualan global).

Karena dengan global maka daya jangkau konsumen menjadi lebih banyak, tidak hanya berfokus pada satu daerah saja, sehingga meningkatkan peluang daya beli konsumen, sedangkan penjulan lokal memiliki resiko penurunan penjulan yang signifikan, untuk memperbesar kemungkinan peluang penjualan yang tinggi bisa dengan cara memperbesar ruang,yaitu dengan menggunakan cara yang bersifat penjualan global.

Penjualan global ini sangat cocok untuk menghadapi masalah penurunan daya beli masayarakat saat pandemi, dengan penjualan secara global, kemungkinan penurunan daya beli dapat diatasi, karena jika di suatu wilayah mengalami penurunan, maka masih ada peluang peningkatan daya beli penjualan yang tinggi di wilayah lain, yang mungkin kondisi perekonomiannya tidak terlalu menurun.

Selain itu dengan penjualan global atau dalam hal ini penjualan yang berbasis E-commerce atau online shop, maka dapat membantu pemerintah untuk menerepkan social distancing, karena produk dapat dibeli tanpa harus keluar rumah dan juga dapat menghindari kerumunan karena tidak perlu mengantre di luar rumah.

Namun dibalik itu dalam penjualan bakso aci instan ini juga terdapat beberapa kelemahan bagi orang yang tidak suka memasak karena mengluarkan tenaga lebih, atau karena tidak memiliki peralatan masak, dari segi harga juga bisa terbilang produk ini agak terlalu mahal dibanding bakso aci yang biasa dijual di pinggir jalan, ada kemungkinan faktornya adalah dari pengemasan yang bisa dibilang sangat wah, meskipun pengemasan adalah nilai plus untuk masalah pandemi,, tapi dalam pengemasan juga harus diperhatikan agar harga yang diberikan tidak terlalu mahal, dan bisa dijangkau masyarakat.

Tapi selain hal tadi, bakso aci instan masih memiliki keunggulan kompetitif dalam pemecahan masalah untuk penurunan daya beli akibat pandemi, dan juga meskipun harga yang diberikan terlalu mahal, tapi hal itu sesuai dengan effort dari produk itu sendiri, dimana produk memiliki kualitas rasa yang enak, dan juga pengemasan yang sangat baik dan rapi.

2. Fitur

Sebuah perusahaan dapat mengidentifikasi dan menyeleksi fitur baru yang tepat dengan mensurvei pembeli saat ini dan menghitung nilai pelanggan dibandingkan dengan biaya perusahaan untuk masing-masing fitur potensial. Perusahaan juga perlu mempertimbangkan berapa banyak orang yang menginginkan tiap fitur, apakah pesaing mudah meniru fitur itu.

Dalam hal ini fitur yang diberikan oleh bakso aci instan adalah dalam hal variasi rasa, terdapat beragam variasi rasa yang ditawarkan kepada pembeli agar pembeli tidak merasa jenuh terhadap produk.variasi rasa yang ditawarkan antara lain seperti, rasa original, rasa tomyam, rasa ramen, dll.

3. Mutu kinerja

Adalah level berlakunya karakteristik dasar produk. Perusahaan tidak harus merancang level kinerja setinggi mungkin.dalam hal ini bakso aci instan memiliki keunggulan mutu kinerja yang baik, dimana dalam hal kebersihan, kerapihan, dan kualitas pangan memiliki kualitas yang baik, karena produk di produksi secara masal dan sudah memiliki brand, sehingga kualitas setiap produk pasti sama, dan juga kualitas dari kebersihan, kualitas bahan pangan, kinerja pegawai sangat diperhatikan oleh staff manager yang mengawasi setiap kegiatan, sehingga semuanya berjalan dengan lancar.

4. Mutu Kesesuaian

Adalah tingkat kesesuaian dan pemenuhan semua unit yang diproduksi terhadap spesifikasi sasaran yang dijanjikan. Masalah yang terkait dengan mutu kesesuaian yang rendah adalah bahwa produk itu akan mengecewakan beberapa konsumen. Dalam hal ini terdapat point plus dan min, dalam point plus bagi oranng yang memilki uang berlebih, produk yang diberikan memberikan pelayanan yang sangat baik, karena memang motto dari perusahaan itu sendiri adalah memasak sebagai symbol memberikan rasa sayang, jadi produk yang dibuat dikemas dengan sebaik mungkin sehingga pelangan merasa puas dengan pelayanan dari penjual.

Namun berbeda dengan orang yang sedang berhemat, atau memiliki budget yang kurang,pelayanan yang diberikan memang memiliki kualitas yang bagus, tapi untuk porsi yang sedikit dan harga yang mahal itu sangat tidak worth it bagi mereka, sehingga jika mereka membeli walau dengan rasa dan kualitas yang mantap tetap saja pembeli tersebut tidak merasa puas.

5. Daya tahan

Adalah ukuran usia yang diharapkan atas beroperasinya produk dalam kondisi normal dan/atau berat, merupakan atribut yang beharga untuk poduk-produk tertentu.dalam hal ini produk memiliki daya tahan yang lama karena produk bakso aci instan dikemas dengan cara dikeringkan, sehingga tidak mudah membusuk, dan bahkan memiliki masa kadaluwarsa selama 30 hari, hal ini sangat cocok untuk strategi menghadapi penurunan daya beli akibat pandemic, dengan daya tahan yang lama maka pembeli dapat membeli dengan stok yang banyak agar tidak banyak keluar rumah dan tidak akan khawatir jika bakso aci instan akan membusuk.

6. Keandalan

Adalah ukuran probabilitas bahwa produk tertentu tidak akan rusak atau gagal dalam periode waktu tertentu.dalam hal ini bakso aci instan dirancang agar bisa dikirim kemana saja, tanpa takut barang akan rusak, karena masing masing dari setiap bahan sudah dikeringkan sehingga tingat kerusakan pada barang akan sangat kecil, sehingga barang sampai kepada tangan pelangan dengan selamat.

7. Gaya

Menggambarkan penampilan dan perasaan yang ditimbulkan oleh produk itu bagi pembeli. Bakso aci instan memiliki design yang sangat menarik untuk menarik perhatian para pembeli, apalagi dengan kemasan yang terkesan mewah, dengan porsi yang pas bisa membuat pembeli ingin membeli lagi produk yang sama.


BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

   Strategi perusahaan adalah suatu langkah yang dilakukan oleh perusahaan untuk mendukung aktivitas produksinya sehingga menghasilkan keuntungan, strategi perusahaan berfungsi untuk :

        Menyusun perencanaan bisnis : hasil yang didapat, produk memiliki pemasaran secara global, dan memiliki kualitas produksi yang baik.

        Mengetahui kekuatan dan kelamahan produk : kekuatan terletak pada pemecahan masalah untuk kondisi pandemic, kelemahan produk terletak pada harga yang bisa dibilang terlalu mahal.

        Efesiensi dan efektivitas produk : memiliki efensiensi dan efektivitas yang baik, dimana produk sangat efektif dalam keadaan pandemic, dan juga memiliki efektivitas pemasaran yang baik.

        Keunggulan kompetitif : lebih unggul dari produk sebelumnya yang memiliki produksi lokal, dengan produksi global maka pendapatan yang didapat semakin banyak.

        Strategi yang digunakan adalah strategi diferensiasi yaitu menjadi berbeda dari produk sebelumnya (inovasi),

           

DAFTAR PUSTAKA 

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Edisi 2; Yogyakarta: Andi Offset, 1997.

Eril, Mengenal Macam-Macam Strategi Perusahaan, Qwords, 12 Oktober 2020

Kuswanti, Heni, Strategi Diferensiasi Produk dalam Pemasaran, dkampus, 17, February, 2016

Bacci,

http://eaa303.blog.esaunggul.ac.id/2012/12/20/strategi-produk-dan-jasa-2/

http://situkangitoeng.blogspot.com/2012/02/pengertian-dan-klasifikasi-produk.html

http://princessaangelica.blogspot.com/2014/02/strategi-pasar.html

https://qwords.com/blog/strategi-perusahaan/#:~:text=Apa%20Itu%20Strategi%20Perusahaan,-Mungkin%20diantara%20sahabat&text=Strategi%20bisa%20juga%20diartikan%20suatu%20program%20yang%20dilakukan%20untuk%20mencapai%20suatu%20tujuan.&text=Jika%20digabungkan%2C%20pengertian%20dari%20strategi,aktivitas%20produksinya%20sehingga%20menghasilkan%20keuntungan

https://www.dkampus.com/2016/02/strategi-diferensiasi-produk-dalam-pemasaran/#:~:text=Strategi%20diferesnsiasi%20produk%20dalam%20pemasaran,tersebut%20dari%20penawaran%20perusahaan%20pesaing

https://bacci.id/tentang-kami/

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hero Baru ML 2020, Chong Black Dragon Fighter 4 Skill!!!

Tanggal rilis hero Popol & Kupa di Original Server Mobile Legend 2020